search

Kamis, 23 Desember 2010

Tabel Periodik Terkecil Di Dunia

Jalan-jalan di inilah.com..nemuin artikel yg sangat menarik..dah gitu artikelnya berhubungan dengan kimia lagi..,:-)..yakni tentang tabel periodik..!!check this out....

INILAH.COM, London-Ilmuwan menulis tabel periodik terkecil di dunia, seperti sehelai rambut manusia. Saking kecilnya, tabel tersebut ditulis dengan mikroskop elektrik. Bagaimana bentuknya?

Ahli di Nottingham University menciptakan tabel yang sangat kecil, satu berbanding satu juta dengan tabel normal berukuran kertas buku tulis. Mereka membuat tabel terkecil di dunia tersebut dengan kertas ion dan mikroskop elektrik.

Simbol dari 118 elemen tersebut terukir di satu helai rambut milik Profesor Martyn Poliakoff, ahli kimia. Tabel tersebut merupakan kado bagi perayaan ulang tahun Poliakoff.

Meskipun tampak tidak penting, saya merasa penemuan ini memungkinkan kita melihat sejauh apa pemanfaatan tulisan nano, ujar Poliakoff.

Ahli mikroskop kami, Dr. Mike Fay, membuat keseluruhan sistem ini begitu sederhana dan sangat menarik, katanya lagi.

Pusat Nanoteknologi dan Ilmu Nano bahkan turut serta dalam acara pengukiran kata ‘Selamat Hari Natal’ di kepingan salju.

Ini menunjukkan betapa menariknya perangkat yang dimiliki ilmuwan di laboratorium jika digunakan untuk kehidupan sehari-hari, kata Philip Moriarty, profesor fisika di kampus tersebut.

==========
Sumber : Inilah.com
==========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar