search

Jumat, 11 Februari 2011

Prof Richard Kuhn : Peraih Nobel Kimia 1938

Dilahirkan di Vienna pada tanggal 3 Desember 1900, Richard Kuhn mendapatkan gelar Ph.D pada tahun 1922 dengan tesisnya berjudul Über Spezifität der Enzyme(Tentang Spesifikasi Enzim). Ibunya, Angelika Rodler, adalah seorang guru di sekolah dasar. Ayahnya Richard Clemens Kuhn, adalah seorang insinyur dan “Hofrat”.Richard Kuhn mempelajari ilmu kimia di Universitas Vienna.Di bawah bimbingan R. Willstätter dan mempelajari kimia di Munich

Richard Kuhn diundang untuk mengajar ilmu kimia oleh Universitas Munich pada tahun 1925. Ia Juga diundang oleh Eidgenössische Technische Hochschule di Zurich, di mana ia memegang jabatan Profesor untuk Ilmu Kimia Umum dan Kimia Analisis dari tahun 1926 hingga 1929. Pada tahun 1937, ia juga mengambil alih administrasi Institut ini, sebagai pengganti L. Von Krehl. Selama satu tahun ia berada di Universitas Pennsylvania, Philadelphia, sebagai Profesor Peneliti Tamu untuk Kimia Fisiologis. Ia menjabat kepala Institut Kimia di kaiser-Wilhelm-Institut (sejak tahun 1950, menjadi Institut Max Planck) yang baru saja didirikan, untuk Penelitian Kedokteran di heidelberg. Di samping pekerjaan-pekerjaan ini, ia juga menjabat sebagai Profesor Biokimia di Universitas Heidelberg.

Peran serta Kuhn dalam menyelidiki permasalahan tentang biokimia (vitamin,enzim,karotenoid,flavin),teoretis kimia organik (stereokimia senyawa alifatik dan aromatik, kumulena dan sintesis poliena; penyusunan dan pewarnaan; keasaman hidrokarbon) .

Selama periode 20 tahun, Ia melakukan penelitian penting mengenai penyakit antidermatitis vitamin B6 dan vitamin B2. Kuhn juga menemukan ada delapan tipe baru karotenoid dan mampu menganalisis penyusunnya serta menyelidiki senyawa yang mengandung ikatan ganda yang terbbukti memiliki hubungan yang menarik dengan studi struktur alamiah karotenoid. Pada tahun 1938 Kuhn mendapatkan hadiah Nobel Kimia Atas Jasa penelitian dalam bidang yang penting tersebut .

Atas kerja penelitiannya,Kuhn menerima sejumlah penghormatan dan penghargaan.Pada tahun 1960 di Munich,Ia mendapat gelar kehormatan di Technische Hochschule dan Universitas Vienna (1960), Universitas St. Maria di Brazil (1961). Beberapa medali yang diperoleh oleh Kuhn seperti medali kehormatan dan kehormatan tertinggi, dari berbagai negara. Ia adalah seorang anggota pada berbagai himpunan ahli kimia, akademi ilmiah,dan organisasi di seluruh dunia. Ia juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Ahli Kimia Jerman,Editor Liebigs Annalen der Chemie dan Wakil Direktur Himpunan Max Planck.

Wolfgang Pauli yang juga mendapat Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1945,adalah teman sekolah Richard Kuhn dalam periode delapan tahun (1910-1918)

Richard Kuhn memiliki dua anak laki-laki dan emat anak perempuan dari hasil pernikahan dengan Daisy Hartmann pada tahun 1928 dan pada 1 Agustus 1967,Richard Kuhn meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar